Pada tanggal 22 April 2024, SMP Strada Bhakti Wiyata bergabung dengan jutaan orang di seluruh dunia dalam memperingati Hari Bumi Dunia. Dengan semangat untuk menjaga kelestarian lingkungan, siswa-siswi dari SMP Strada Bhakti Wiyata memulai hari dengan apel pagi bersama di kompleks sekolah.

Penyerahan tanaman kepada pengurus RW

Setelah apel pagi, puluhan siswa dan guru bersama-sama bergerak menuju area sekitar sekolah untuk melakukan aksi bersih-bersih. Mereka membersihkan lingkungan sekitar, khususnya di Perumahan Duta Kranji, dengan mengumpulkan sampah organik, anorganik, B3, dan residu. Sampah-sampah yang berhasil dikumpulkan kemudian dipilah dan ditimbang untuk mengetahui jumlahnya. Jumlah sampah yang didapatkan siswa :

Botol plastik : 3,8 kg

Residu           : 27,9 kg

Organik         : 81,9 kg

B3                 : 6,8 kg

Aksi bersih-bersih ini tidak hanya sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan tempat mereka tinggal dan belajar. Melalui kegiatan ini, siswa-siswi SMP Strada Bhakti Wiyata belajar untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar mereka.

Selain membersihkan lingkungan, siswa-siswi juga aktif dalam penanaman pohon. Penanaman pohon di sekitar area sekolah menjadi salah satu cara untuk mengurangi jejak karbon dan meningkatkan keberlanjutan lingkungan.

Pembagian lokasi kebersihan dilakukan secara terstruktur sesuai dengan kelas masing-masing. Berikut adalah pembagian lokasi kebersihan berdasarkan kelas:

  1. Kelas 7A: Jl. Cendrawasih 1-3
  2. Kelas 7B: Jl. Cendrawasih 4-6
  3. Kelas 7C: Jl. Cendrawasih 7-9
  4. Kelas 7D: Jl. Cendrawasih 10-12
  5. Kelas 8A: Jl. Cendrawasih 13-15
  6. Kelas 8B: Jl. Cendrawasih 16,17+ Mawar Raya
  7. Kelas 8C: Jl. Merpati 5+ Musola Al. Barkah
  8. Kelas 8D: Jl. Mawar Raya+Kepodang 1
  9. Kelas 9A: Jl. Kepodang Raya + Kepodang 2
  10. Kelas 9B: Jl. Makam+Balai RW
  11. Kelas 9C: Jl. Merpati 2, 3 dan 4
  12. Kelas 9D: Jl. Merpati 1+Lapangan Basket

Melalui partisipasi aktif dalam kegiatan ini, siswa-siswi SMP Strada Bhakti Wiyata tidak hanya menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan, tetapi juga menjadi bagian dari gerakan global untuk menjaga kelestarian bumi kita. Aksi bersih lingkungan ini menjadi contoh nyata bahwa setiap individu dapat berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Salam AMDG (DFA, FHR)

Sebarkan artikel ini