Pada pekan ini, peserta didik SMP Strada Bhakti Wiyata melaksanakan kegiatan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) tahun ajaran 2023/2024 mulai tanggal 29 April hingga 7 Mei 2024. Ujian ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas IX yang berjumlah 108 orang. Sebagai bagian dari transformasi digital, ASAJ dilaksanakan secara online dengan menggunakaan dua laboratorium komputer dan satu ruang aula. Soal-soal ASAJ disajikan dalam dua format, yakni pilihan ganda yang dilakukan secara online melalui LMS Sokrates dan format uraian yang dikerjakan menggunakan kertas.

ASAJ merupakan kegiatan pengukuran ketercapaian kompetensi peserta didik terhadap standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran di kurikulum 2013. Kegiatan ini digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam penentuan kelulusan bagi peserta didik SMP Strada Bhakti Wiyata. Sebelumnya, mereka juga sudah menempuh ujian praktik pada beberapa mata pelajaran yaitu IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama, Prakarya, PJOK, Seni Budaya, dan Bahasa Sunda.

“Untuk mempersiapkan ujian, saya membuat rangkuman materi sehingga mempermudah saya dalam memahami pelajaran. Saya juga merasa senang karena akhirnya bisa menuju titik akhir dalam pendidikan saya di jenjang SMP,” ujar Wilson Audrey, salah satu peserta didik kelas IX.

Dalam pelaksanaannya, ASAJ berjalan lancar tanpa adanya kendala yang signifikan. Semua peserta didik hadir dan berpartisipasi secara penuh, menunjukkan kesiapan, komitmen, dan semangat mereka dalam menghadapi evaluasi akhir jenjang SMP. Mereka menjawab setiap soal dengan hati-hati dan teliti, memastikan bahwa mereka memberikan yang terbaik dari diri mereka.

Kesan dan harapan juga diungkapkan oleh peserta didik kelas IX lainnya, “Dalam masa mempelajari materi ujian, saya merasa senang karena bisa mengulang dan mengingat kembali materi yang sudah dipelajari. Semoga perjuangan dan kerja keras yang sudah saya lakukan bisa mendapatkan hasil ujian yang memuaskan dan lulus dengan nilai terbaik,” ungkap Aurel Manurung.

Saat ini, harapan dan doa menyertai para peserta didik kelas IX yang tengah menjalani ASAJ. Mereka berharap dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan membanggakan  bagi diri mereka sendiri, keluarga, dan sekolah. Semoga upaya keras dan ketekunan mereka selama ini berbuah manis dalam ujian. Salam magis, dinamis, berkarakter!

(AA, FHR)

Sebarkan artikel ini