Pada hari Jumat tanggal 15 September 2023, situasi belajar di SMP Strada Bhakti Wiyata berbeda dari biasanya. Pada hari itu, semua murid dikumpulkan di lapangan setelah doa pagi. Melalui pengeras suara Bapak Ambar menyampaikan bahwa seluruh siswa turun ke lapangan.

Setelah turun ke lapangan, siswa baris dan duduk dengan rapi dan bersama seluruh guru siap mendengarkan materi dari narasumber.

 

Narasumber yang hadir saat itu adalah Bapak Satwoko Hapsoro. Beliau adalah Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) Kota Bekasi. Dengan dipandu oleh Ibu Nancy, beliau menyampaikan banyak hal tentang sampah diantaranya bagaimana memilahkan sampah, bagaimana menjadikan sampah menjadi berkah. Berikut ini poin-poin penting yang disampaikan oleh beliau:

 

 

  1. Indonesia adalah penghasil sampah plastik terbanyak kedua setelah Cina;
  2. Kita harus mengurangi penggunaan plastik dengan membawa tas belanja sendiri, membawa tumbler, tidak memakai sedotan plastik dsb
  3. Semua orang wajib memilah/memisahkan sampah organik dan an-organik dari rumah masing-masing
  4. Sampah an-organik seperti botol-botol/gelas minuman kemasan, kardus bekas, kaleng minuman dsb dapat dikumpulkan dan “diuangkan” di bank sampah
  5. Minyak goreng bekas juga dapat dikumpulkan dalam botol-botol bekas serta ditukar di bank sampah. Minyak goreng juga dapat mencemari tanah dan air.
  6. Sampah organik seperti kulit buah dan sisa sayuran segar dapat diolah menjadi eco enzyme atau diolah menjadi kompos

Di akhir materi Bapak Satwoko mengajak seluruh siswa untuk peduli terhadap sampah masing-masing serta bertanggung jawab terhadap sampahnya sendiri.

Kegiatan diakhiri dengan kata penutup dari Ibu Rosa selaku Kepala Sekolah. Ibu Rosa mengajak kepada semua siswa untuk mulai memilah sampah serta mengolah sampah menjadi berkah, dimulai dari rumah masing-masing. Seluruh siswa bisa menjadi agen perubahan dengan mengajak keluarga atau siapapun untuk peduli terhadap lingkungan dengan hal sederhana yaitu memilah sampah dari rumah masing-masing. Ibu Rosa juga merencanakan mendirikan bank sampah di sekolah serta mengajak siswa-siswi yang berniat menjadi volunteer untuk terlibat.

 

Bekasi, 15 September 2023

NN reporter

 

Sebarkan artikel ini